Dukungan TI

Undana mendorong sivitas akademika untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) guna meningkatkan produktivitas kinerja pelaksanaan tridharma (pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat). Dewasa ini perkembangan ICT terbagi ke dalam sistem tertutup dan berbayar pada satu sisi dan sistem terbuka dan gratis pada sisi lain. Berkaitan dengan itu, dan dengan mempertimbangkan ketersediaan anggaran yang terbatas, Undana mendorong para dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa untuk secara perlahan mulai bermigrasi untuk menggunakan sistem terbuka dan gratis. Untuk itu, berikut ini adalah sumberdaya ICT yang dapat dipertimbangkan.

Sistem Operasi dan Pemeliharaan Sistem
Sistem operasi (operating system, OS) akses terbuka yang kini digunakan secara luas adalah Linux untuk komputer dan Android untuk telepon seluler dan komputer tablet. Sistem operasi Linux tersedia dalam beberapa distribusi (distro), di antaranya adalah Linux Mint dan Ubuntu. Bila belum pernah menggunakan sistem operasi Linux, silahkan ikuti Tutorial Linux Mint Indonesia atau Tutorial Belajar Linuk dari Awal dan Tutorial Ubuntu dalam Bahasa Indonesia. Sistem operasi Android yang semula hanya digunakan untuk telepon seluler dan komputer tablet, kini juga dapat diunduh (Android-x86) untuk dipasang dan digunakan pada komputer desktop, setelah terlebih dahulu dijadikan dapat melakukan boot dengan menggunakan program aplikasi UNetbootin, tanpa harus membakar dalam disk. Atau bila ingin terlebih dahulu mencoba bagaimana rasanya menjalankan Android dalam komputer desktop tanpa mengganti sistem operasi Windows, coba lakukan emulasi dengan menggunakan aplikasi emulator Andy (untuk Windows) atau BlueStacks (untuk Windows dan Mac OSX).

Keamanan Sistem
Windows kini masih paling banyak digunakan di lingkungan Undana, kemungkinan banyak yang tidak asli. Penggunaan Windows tidak asli rawan menghadapi masalah keamanan karena kurang terlindungi dari infeksi oleh virus dan berbagai jenis malware lainnya. Bila sudah menggunakan Windows asli, jangan lupa melakukan pemutakhiran (update) secara berkala dan mengaktifkan fitur keamanan bawaan OS tersebut (aktifkan Windows Defender untuk Windows 7 dan Vista, unduh dan pasang Windows Security Essentials untuk Windows 8 dan 8.1). Sebagai alternatif, silahkan pasang program aplikasi keamanan (antivirus, antimalware, antispyware, antiadware, firewall, sandboxing, dsb.) setelah membaca panduan keamanan komputer dengan sistem operasi Windows dan kemudian menerapkan cara penggunaan komputer secara aman. Ada baiknya, juga mempelajari bagaimana cara meningkatkan keamanan komputer dengan sistem operasi Windows.

Peluang terbesar terjadi gangguan keamanan adalah ketika komputer tersambung ke Internet. Karena itu, gunakan program aplikasi peramban yang dilengkapi dengan fitur atau ekstensi pemeriksaan keamanan yang memadai untuk berselancar di Internet. Sebaiknya pelajari bagaimana cara berselancar dengan aman dan bagaimana cara agar tetap aman pada saat sedang berselancar di Internet. Untuk mendaftar ke layanan tertentu di Internet, diperlukan nama pengguna (username) dan sandi (password). Dalam hal ini, hindarkan menggunakan sandi dengan menggunakan tanggal lahir atau hal-hal lain yang berkaitan dengan data prribadi. Sebaiknya lakukan pengisian data serta buat dan kelola sandi dengan menggunakan program aplikasi keamanan sandi yang memadai. Lakukan pengubahan sandi secara berkala dan jangan pernah memberikan nama pengguna dan sandi kepada pihak lain.

Untuk melakukan pemeliharaan sistem dan sekaligus menjaga keamanan, lakukan pemutakhiran program aplikasi secara berkala untuk menjamin bahwa setiap program aplikasi terpasang merupakan versi termutakhir. Selain itu juga perlu dilakukan pemutakhiran setiap driver dari perangkat keras yang terpasang di komputer setelah dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan program aplikasi pemeriksaan driver. Setiap program aplikasi yang dipasang pada komputer juga perlu selalu dalam keadaan mutakhir dengan cara mengaktifkan fitur pemutakhiran masing-masing. Penyimpanan file dalam komputer perlu ditata sedemikian rupa dengan menggunakan program aplikasi penataan file dan desktop dan kesehatan hard disk dan registry perlu diperiksa dengan menggunakan program aplikasi pemeliharaan sistem. Hard disk yang terfragmentasi dan registry yang kacau dapat sangat memperlambat kinerja komputer dengan sistem operasi Windows.

Untuk meningkatkan keamanan komputer dengan sistem operasi lainnya, silahkan kunjungi dukungan untuk sistem operasi Linux dan untuk sistem operasi Android. Untuk dukungan sistem keamanan komputer dengan sistem operasi berbayar lainnya, silahkan lakukan penelusuran sendiri di Internat.

Perkantoran, Penyebaran Informasi, dan Bekerja Secara Kolaboratif
Program aplikasi yang digunakan paling luas di lingkungan Undana tentu saja adalah program aplikasi perkantoran, terutama pengolah kata, tabel lajur, dan presentasi, yang selama ini dilakukan dengan menggunakan program aplikasi berbayar Micosoft Office. Sebagai alternatif sebenarnya tersedia program aplikasi perkantoran dasar lainnya bukan hanya mirip, tetapi juga tidak kalah dalam hal kualitas, seperti misalnya Kingsoft Office dan Zoho. Kingsoft Office mempunyai tampilan yang menyerupai Microsoft Office 2003, dapat menyimpan file dalam format doc maupun docx sehingga saling sesuai (compatible) dengan Microsoft Office edisi terbaru sekalipun. Sebaliknya Zoho mempunyai kelebihan dari sisi dapat digunakan untuk bekerja secara kolaboratif melalui layanan dalam jaringan (online) yang tersedia. Untuk komputer dengan OS Linux tersedia LibreOffice dan OpenOffice, sedangkan untuk tablet dan komputer dengan OS Android, selain dapat digunakan Kingsoft Office, juga tersedia Quickoffice.

Program aplikasi perkantoran yang juga penting adalah program untuk membuat dan menyunting file PDF. Untuk komputer dengan OS Windows tersedia PDF XChange Viewer untu membaca file PDF, Bullzip PDF Printer untuk membuat file PDF dari file dengan berbagai format lain, dan PDFill PDF Tools untuk menyunting file PDF. Untuk komputer dengan OS Linux, silahkan gunakan Ocular untuk membaca file PDF, CUPS-PDF untuk mengubah file dalam format lain ke format PDF, dan Master PDF Editor untuk menyunting file PDF. Sampai saat ini, Adobe Reader masih merupakan program aplikasi terbaik untuk membaca file PDF pada komputer tablet dengan OS Android. Selain program aplikasi office dan program aplikasi PDF, program aplikasi lain yang juga penting untuk pekerjaan perkantoran adalah program aplikasi bagan alir, silahkan pilih untuk komputer dengan OS Windows, OS Linux, dan OS Android.

Akan dilanjutkan dengan tulisan mengenai Pengumpulan, Analisis, dan Penyajian Data

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites